March 11, 2021 By bamcapacitacion.com 0

Jenis Roda Sepeda

Kebanyakan orang akan mengira roda sepeda hanya sebagai benda bulat yang memungkinkan sepeda berputar. Nah, roda sepeda saat ini lebih dari itu. Sepeda zaman sekarang memang berbeda dengan fungsi dan minat pengendaranya dan juga telah dibuat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Roda telah berkembang jauh dari pelek kayu yang pertama kali dibuat pada tahun 1865. Kemudian, kedua roda dibuat dari karet keras dan jeruji baja yang membuatnya terasa lebih enak. Ban pneumatik diperkenalkan pada tahun 1880-an, memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara sepeda, dan masih merupakan jenis roda yang paling umum digunakan saat ini.

Sebelum kita membahas berbagai jenis roda sepeda, mari kita bahas dulu bagian dasarnya: ban, jeruji, dan ban dalam. Jari-jari biasanya terbuat dari batang tipis baja, aluminium atau titanium dan dihubungkan dari hub ke bagian dalam pelek. Pelek memberikan bentuk dasar bundar pada roda dan memiliki bagian tepi yang memasukkan ban ke dalam. Hub adalah bagian tengah ban dan biasanya terbuat dari aluminium. Itu terhubung ke garpu melalui poros. Sekarang setelah kita memiliki ide dasar tentang bagian-bagiannya, mari kita beralih ke berbagai jenis roda sepeda.

Roda Jalan atau Street Wheels tidak membutuhkan traksi, ketebalan, dan ketahanan roda sepeda off-road. Bannya tipis dan area kecilnya mengurangi jumlah gesekan yang ditimbulkan saat bersentuhan dengan jalan. Roda jalan juga bisa dilengkapi dengan ban berperforma tinggi atau tahan tusukan. Ban ini lebih sempit, ringan dan memberikan cengkeraman yang lebih baik saat Anda berbelok. Ban Kevlar juga digunakan untuk mencegah kebocoran dari paku, kaca, dan kotoran lainnya. Satu set roda jalan raya dapat berkisar dari $ 400 hingga lebih dari $ 3.000.

Roda Sepeda Gunung memiliki pelek dan jeruji yang lebih tebal dan lebih berat, sehingga lebih kokoh saat bertabrakan dengan rintangan off-road. Mereka datang dengan tapak menonjol, yang menggali tanah dan tanah untuk memberikan traksi, atau ban semi-klik, yang memberikan kecepatan dan traksi yang baik selama manuver yang sempit. Sepasang roda sepeda gunung bisa berharga mulai dari $ 120 hingga yang tertinggi sekitar $ 2.000.

Roda BMX, yang dibuat untuk melakukan trik, lebih lebar dan pendek dari roda sepeda gunung untuk memberikan cengkeraman yang lebih baik dan kemampuan manuver yang lebih baik. Tapak juga ideal untuk permukaan tanah dan lompatan dan pelek biasanya terbuat dari aluminium. Harga roda sepeda BMX mulai dari $ 35 ke atas.

Roda Hibrida dirancang untuk permukaan off-road dan beraspal. Tapak pada roda sepeda hybrid memotong permukaan ban untuk mengurangi hambatan di trotoar tetapi masih memiliki cengkeraman yang cukup di tanah yang gembur. Ini lebih tipis dari roda sepeda gunung tetapi sedikit lebih tebal dibandingkan dengan roda jalanan.